Blog yg membahas tentang tanaman perkebunan,

Syarat Tumbuh Tanaman Kopi

Syarat Tumbuh Tanaman Kopi

Syarat Tumbuh Tanaman KopiSyarat Tumbuh Tanaman Kopi, Kali ini saya akan membahas mengenai syarat tumbuh tanaman kopi. Taukah anda apa saja syarat – syarat tumbuh tanaman kopi? Syarat tumbuhnya tanaman kopi tergantung dari iklim, suhu, ketinggian,daerahnya atau topografinya, kondisi dari tanahnya, serta varietas atau klon unggul dari kopi yang akan dibudidayakan. Ada berbagai macam kopi di dunia, yang diantaranya sering kali kita dengar ialah kopi arabika yang merupakan  kualitas terbaik dan kopi robusta yang merupakan kopi yang sering di minum orang awam pada umumnya.

Berikut akan saya jelaskan beberapa syarat tumbuh tanaman kopi yang sering di budidayakan di wilayah Indonesia:

1.    Iklim

Berbicara mengenai iklim, Indonesia merupakan salah satu negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa yang artinya Indonesia sendiri beriklim tropis. Dengan iklim tropis ini, negara Indonesia sangat cocok untuk menanam berbagai tanaman perkebunan apalagi tanaman kopi. Dengan berbagai macam tanaman kopi tersebut serta iklim yang cocok akan sangat beruntung sekali jika bercocok tanam kopi. Dengan curah hujan yang akan membantu mempengaruhi pembentukan bunga menjadi buah. Untuk kopi jenis arabika dianjurkan curah hujan sekitar 1000 – 1500 mm pertahun, sedangkan kopi robusta maksimal 2000 mm pertahun. Untuk daerah dengan ketinggian  diatas 1000 m memiliki musim kering yang pendek, padahal kopi khususnya kopi arabika membutuhan musim kering yang agak panjang supaya produksinya optimal.

2.    Suhu

Suhu yaitu keadaan panas atau dinginnya udara pada suatu tempat. Suhu lingkungan untuk kopi arabika sekitar 16-22°C, sementara robusta mampu beradaptasi dengan suhu sekitar 20-28°C.

3.    Ketinggian/Elevasi

Ketinggian area tidak punya pengaruh segera pada perkembangan serta produksi tanaman kopi, namun faktor temperatur yang punya pengaruh pada perkembangan tanaman kopi. Biasanya, tinggi rendahnya temperatur ditentukan oleh ketinggian area dari permukaan laut. temperatur serta elevasi saling terkait. Dengan berbagai macam kopi yang ada tentu saja tidak sembarangan dalam penanamannya.  Tiap-tiap kopi membutuhkan ketinggian atau elevasi yang berbeda-beda. Seperti kopi arabika dan robusta, tentu saja ketinggian akan mempengaruhi penanamannya. Sebab kopi arabika dapat tumbuh pada ketinggian 800-1500 meter dpl, sedangkan kopi robusta dapat tumbuh pada ketinggian 400-800 meter dpl.

4.    Daerah/Topografi

Kondisi topografi wilayah juga harus di perhatikan karena jika terjadi anomali iklim atau katidaknormalan atau penyimpangan iklim pekebun dapat melakukan beberapa rekayasa. Khusus untuk daerah yang memiliki tiupan angin kencang, di sarankan untuk menanam tanaman pelindung seperti lamtoro, dadap, serta sengon laut. Tanaman pelindung untuk saat ini yang paling cocok untuk tanaman kopi adalah lamtoro.

5.    Kondisi Tanah

Kondisi tanah yang baik untuk penanaman kopi dianjurkan tanah yang memiliki top soil atau kandungan organik yang tebal. Biasanya tanah seperti ini banyak terdapat di dataran tinggi. Tingkat keasaman atau derajat keasaman (pH) tanah yang dianjurkan untuk tanaman kopi sekitar 5,5 – 6,5 . Jika keadaan tanah terlalu asam maka dapat kita tambahkan pupuk Ca(PO)2 atau Ca(PO3)2 atau sering kali kita dengar sebagai kapur. Apabila pH tanah terlalu rendah atau untuk meningkatkan pH tanah dapat kita tmbahkan urea.

6.    Varietas atau Klon Unggul

Setiap daerah memiliki varietas atau klon yang berbeda. Yang artinya adalah suatu klon atau varietas unggul pada suatu daerah belum tentu unggul pada daerah yang lainnya. Seperti jenis arabika dari daerah lain pasti memilki karakter yang berlainan dengan daerah lainnya., hal tersebut dapat berupa aroma, dan cita rasanya. Kopi arabika dari Jawa tentu berbeda dengan kopi arabika yang ada di Sulawesi, begitu juga dengan yang ada di Toraja meskipun varietas atau klonnya sama. Hal ini juga berlaku pada kopi robusta, maskipun sama tapi ketika ditanam di daerah lain maka hasilnya juga akan berbeda atau tidak sama dengan daerah asalnya. Klon unggul harus di uji produktivitasnya hingga tiga generasi. Setelah itu bibit kopi yang telah teruji di daerah tertentu sebaiknya jangan di budidayakan di daerah lain, cukup dibudidayakan di daerah sekitar saja tempat dimana kopi tersebut diuji tanam.

Sekian penjelasan dari saya tentang Syarat Tumbuh Tanaman Kopi semoga dapat bermanfaat. Mohon saran dan kritikan yang membangun. ThankYou! :)



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Rani empress, Published at 12:45 AM and have 4 comments

4 comments:

  1. Kunjungi juga kami di artikel:
    pesonaalbasiajember.blogspot.com

    Tentang:
    Jual bibit sengon solomon jaguar siap tanam.

    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Kunjungi juga kami di:
    pesonaalbasiajember.blogspot.com

    Tentang: sengon solomon jaguar.

    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
    hubungi Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    untuk lebih lengkap silahkan
    klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL

    ReplyDelete